Fitur Terbaru Sosial Media

 Fitur Terbaru Sosial Media


1. Youtube 

Tahukah Anda predikat jumlah pengguna media sosial terbanyak dipegang oleh Youtube. Dari total 150 juta pengguna internet di Indonesia, 88 persen penggunanya menggunakan Youtube untuk memutar video, terutama video musik. Memangnya apa saja manfaat yang didapatkan dari menggunakan YouTube untuk bisnis Anda? 

  • Mendemonstrasikan produk 
  • Branding bisnis Anda 
  • Meningkatkan brand awareness 
  • Memecahkan masalah customer

Dengan menggunakan YouTube, Anda bisa membuat konten video yang sesuai dengan target audience atau target pasar Anda. 

Sebagai contoh, Toyota membuat konten mini web series yang ditayangkan di YouTube. Mini web series tersebut berhasil viral dan mendapatkan lebih dari 5 juta penonton. Di dalam video itu, Toyota memang tidak secara gamblang “berjualan” mobil. 

Youtube Marketing

Namun, Toyota mengklaim penjualan mereka mengalami peningkatan. Mereka juga percaya, pemasaran melalui kanal YouTube-lah yang membuat calon customernya semakin yakin membeli produk Toyota. Setelah Toyota sukses dengan mini series-nya di Youtube, banyak brand ternama lainnya yang juga membuat mini series. Bisnis Anda pun juga bisa mengikuti langkah ini. 

Oh, ya agar video Anda muncul di hasil pencarian teratas, Anda perlu mengoptimasi video YouTube Anda. Untuk penjelasan lebih mendalam mengetahui SEO YouTube, silakan baca artikel kami tentang Panduan Lengkap SEO YouTube

2. WhatsApp 

Hampir semua pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp. Mungkin Anda salah satunya. Ada sekitar 124 juta pengguna internet menggunakan WhatsApp di gadget mereka. Penggunanya pun beragam, mulai dari usia 16 tahun hingga 64 tahun. 

Mereka biasanya menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Fitur-fitur yang mudah digunakan seperti chat, panggilan suara, dan video jadi favoritnya. 

Tak hanya untuk komunikasi antar kerabat dan kolega, kini pemilik bisnis juga bisa memanfaatkannya untuk bisnis mereka. WhatsApp telah meluncurkan platform khusus bisnis, yaitu WhatsApp Bisnis. 

Berbeda dengan WhatsApp yang biasa digunakan banyak orang, WhatsApp Bisnis punya fitur khusus yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi dan pemasaran pemilik bisnis. Apa saja ya fiturnya? 

  • Profil Bisnis agar Lebih Terpercaya

Tampilan profil bisnis yang terverifikasi dengan centang biru akan lebih dipercaya oleh pelanggan. Tak bisa disangkal, saat ini banyak sekali modus penipuan dari penjual abal-abal. Nah, WhatsApp Bisnis menyediakan fitur pengaturan profil bisnis Anda dan akan diverifikasi oleh WhatsApp. 

  • Balas Pesan Otomatis 

Ada tiga jenis balas pesan otomatis yang tersedia di WhatsApp Bisnis, yaitu Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies. 

Away message – fungsinya untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis saat Anda sedang di luar jam kerja atau dalam keadaan off. Isi pesannya pun dapat Anda buat dan atur sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Greeting Message –  seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk membalas pesan dengan sapaan ketika pelanggan pertama kali meng-chat Anda. 

Quick Replies – dengan fitur ini, Anda bisa membalas pesan secara cepat tanpa perlu mengetik terlebih dahulu.  Cukup tekan tanda “/” saat membalas pesan, maka list jawaban yang telah Anda buat akan muncul. 

  • Katalog Produk Bisnis Anda 

Anda juga bisa menambahkan informasi dan gambar produk Anda di fitur Katalog. Pelanggan jadi bisa langsung melihat daftar produk yang Anda tawarkan. 

  • Statistik Pesan 

Setelah Anda mengirimkan broadcast penawaran di berbagai kontak pelanggan, Anda bisa meninjau bagaimana statistiknya. Misalnya statistik pesan yang telah terkirim, diterima, dan dibaca. Kalau Anda mengetahui statistiknya, Anda bisa menilai pesan mana saja yang efektif dan mengevaluasi setiap pesan.  

  • Melabeli Pelanggan

Fitur ini akan memudahkan Anda mengetahui status pelanggan Anda. Misalnya Anda melabeli pelanggan yang belum melakukan pembayaran dengan label “Unpaid”. Kalau sudah melabeli pelanggan, Anda bisa mengirim pesan khusus untuk pelanggan unpaid.   

3. Instagram 

Hampir menyaingi Facebook, Instagram ternyata memiliki lebih dari 61 juta pengguna aktif di Indonesia.  Fakta menariknya, jumlah pengguna Instagram didominasi pengguna usia 18-24 tahun.

Jumlah Pengguna Media Sosial Instagram

Jika target audience bisnis Anda banyak menggunakan Instagram, mempromosikan bisnis di Instagram wajib Anda lakukan. Apalagi menurut survey, sebanyak 45 persen pengguna Indonesia sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram. 

Nah, di Instagram, Anda bisa membuat konten menarik dengan memanfaatkan beberapa layanan, seperti Feed, Instagram Story, dan IG TV. Dengan layanan itu, Anda bisa membuat membuat konten untuk promosi produk, launching produk terbaru, video testimonial, hingga sesi live di Instagram Live. Anda juga bisa membuat video tutorial di IG TV. 

Instagram TV

Misalnya, seperti The Body Shop Indonesia. Mereka membuat membuat konten tutorial makeup dan skincare routine di IG TV akun Instagramnya. Audiens pun tertarik dengan tutorial tersebut sehingga video itu bisa mendapatkan engagement yang tinggi. 

Anda juga bisa memanfaatkan fitur khusus dari Instagram, yaitu Instagram Ads. Fitur ini mirip dengan Facebook Ads. Iklan Anda bisa muncul di instagram stories atau feed dari target audience Anda. Cukup mengatur audience mana yang akan Anda sasar. Anda juga bisa memilih ingin menggiring audience ke akun instagram Anda atau ke website toko online Anda. 

4. LinkedIn

LinkedIn

Media sosial yang satu ini memang lebih dikenal sebagai media sosialnya para profesional pekerja. Di LinkedIn pengguna bisa membuat profil seperti Curriculum Vitae untuk membangun reputasi yang baik di mata para HR. 

Namun, ternyata tak hanya pekerja profesional saja, bisnis Anda pun juga bisa memanfaatkan LinkedIn untuk mempromosikan bisnis. 

Perlu Anda ketahui bahwa pengguna LinkedIn di seluruh dunia mencapai 675 juta pengguna yang tersebar di 200 negara. Sementara di Indonesia, jumlah pengguna LinkedIn mencapai 12 juta pengguna. 

Nah, cobalah posting beberapa konten yang menarik secara teratur untuk meningkatkan brand awareness di halaman Linkedin bisnis Anda.

LinkedIn Business

Tak melulu harus promosi produk, kok. Di Linkedin business, Anda bisa share konten menarik seputar tips interview, seperti yang dilakukan oleh Amazon. Karena Linkedin merupakan platform yang banyak dipakai oleh para pencari kerja, konten ini pasti akan sangat bermanfaat dan tentunya bisa mendapatkan engagement yang tinggi.   

Nah, ada juga beberapa fitur dari LinkedIn yang bisa Anda manfaatkan adalah konten bersponsor, text ads, dan InMail bersponsor.

  • Konten bersponsor – fitur ini dapat mempromosikan postingan-postingan Anda agar dapat dijangkau oleh lebih banyak pengguna. 
  • Text ads – fitur ini merupakan iklan teks berbayar (pay per click) yang bisa muncul di homepage LinkedIn, halaman profil, atau halaman hasil pencarian.  
  • InMail bersponsor – fitur ini mirip dengan email marketing. Namun, di fitur ini, Anda bisa secara otomatis mengirimkan pesan penawaran ke anggota LinkedIn yang sedang online. 

Komentar

Postingan Populer